Friday, March 6, 2015


KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS

 

Peluang Usaha Membuat Aplikasi Foto Editor Android

untuk Selfie

 

Disusun Oleh :

Nama : Lis Anisa Fazrin

NIM : 14.11.7667

Kelas : 14 S1 TI 01

 

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

Jl Ring Road Utara, Condong catur, Depok, Sleman

2014/2014




Peluang Usaha Membuat Aplikasi Foto Editor Android untuk Selfie


ABSTRAK
    Berawal dari kata Narsis yang berasal dari kata Narsisisme (dari bahasa Inggris) atau narsisme (dari bahasa Belanda) adalah perasaan cinta terhadap diri sendiri yang berlebihan. Fenomena selfie dan narsisme memang sangat banyak dijumpai terlebih di jejaring sosial sekarang ini. Namun, ada alasan kenapa para 'penganutnya' melakukan hal tersebut. Telegraph (19/08) melansir bahwa seiring dengan perkembangan zaman di mana teknologi, internet serta gadget saat ini semakin maju, keberadaan smartphone yang dilengkapi dengan kamera khususnya kamera di bagian depan adalah senjata ampuh bagi mereka yang suka akan mengabadikan diri sendiri dengan trik dan pose khusus. Pose yang digunakan saat selfie pun bermacam – macam, seperti : tersenyum, tertawa lebar, cemberut, menjulurkan lidah, ekspresi kaget, gaya bebek, ekspresi sedih dan masih banyak lagi.
Gambar selfie : Raisha.

    Melihat fenomena tersebut tentu dapat disimpulkan bahwa seseorang yang gemar melakukan aksi selfie memerlukan sebuah kamera bagian depan dan aplikasinya. Aplikasi kamera yang digunakanpun biasanya beragam, bukan hanya aplikasi kamera bawaan smartphone (dalam hal ini smartphone yang saya maksud adalah android) saja yang biasanya digunakan, tapi juga aplikasi – aplikasi yang bisa diperoleh dengan cara mendownload di playstore yang memiliki fitur yang lebih menarik dibandingkan dengan aplikasi kamera bawaan smartphone itu sendiri. Hal ini tentunya bisa menjadi peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan oleh para pembuat aplikasi android untuk menciptakan berbagai macam aplikasi foto editor yang bisa digunakan untuk selfie.



 ISI
       Pengertian peluang bisnis adalah sebuah kesempatan yang sudah pasti yang bisa di dapatkan oleh seseorang dengan cara mengandalkan suatu potensi dan keahlian yang telah dimiliki oleh orang tersebut dengan cara memanfaatkan waktu dan kondisi yang ada. Banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bahkan penghasilan tetap dalam bentuk aset. Berbagai cara dapat dilakukan mulai dari berjualan online hingga membuat aplikasi Android.

1.  Daya tarik aplikasi foto editor untuk selfie

Dengan adanya fenomena selfie dan narsisme yang sedang booming saat ini tentunya akan sangat menguntungkan jika kita membuat sebuah aplikasi foto editor yang dapat membuat aktifitas para penggemar selfie lebih menarik lagi dengan memberi banyak fitur yang menarik dan unik, serta membuat perubahan kecil pada foto potret, sehingga foto yang dihasilkan dapat menjadi jauh lebih indah. misalnya : efek foto, bingkai, sticker, penggabungan foto, penghilang jerawat pada foto, efek make-up, menghaluskan foto, membuat mata lebih besar, mencerahkan wajah, mempersempit kontur wajah, dan secara umum membuat orang pada foto menjadi lebih menarik. Ada banyak sekali aplikasi foto editor yang ada di playstore, contohnya : Camera360 Ultimate, Retrica, Instagram, BeautyPlus – Magical Camera, B612 – Selfie with the heart dan masih banyak sekali aplikasi foto editor untuk selfie yang lainnya.
Gambar Macam - macam Aplikasi Photo Editor

Aplikasi – aplikasi tersebut rupanya membuat para penggemar selfie sangat antusias untuk menggunakannya. Terbukti dengan banyaknya jumlah pengguna playstore yang mendownload aplikasi – aplikasi foto editor tersebut yang mencapai jutaan bahkan puluhan hingga ratusan juta kali download untuk satu aplikasi. Bayangkan saja berapa keuntungan yang dapat didapatkan Si Pembuat aplikasi tersebut.

2.  Analisa penghasilan dengan cara memprediksi dari banyaknya pengguna

Analisa ini diambil pada aplikasi  Android yang dijual free. Dengan cara mengiklankan program periklanan yang (mungkin) sering dilihat di bagian bawah (bisa jadi bagian atas) aplikasi Android yang terinstall di handset. Misalnya sebuah aplikasi foto editor Android sudah di-download sebanyak 5.000 kali, kemungkinan digunakan 2.000 kali per hari. Jika iklannya diklik 500 kali per hari, maka penghasilan yang didapat Si Pembuat cukup lumayan tinggi. Anggap saja 500 klik x Rp.300 = Rp.150.000. Perhitungan tadi hanya asumsi saja, dan mungkin hasilnya bisa lebih dari itu. Dan banyaknya pengguna aplikasi foto editor Android akan semakin bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Sekali foto editor Android dibuat, aset jadi berlipat. Hal tersebut menunjukan bahwa peluang pendapatan hasil pembuatan aplikasi photo editor Android ini sangat menguntungkan. Tetapi diperlukan kreatifitas yang tinggi untuk menciptakan aplikasi baru yang unik dan berbeda dengan aplikasi photo editor yang sudah ada sehingga dapat menarik para pecinta selfie itu sendiri.



REFERENSI :

http://id.wikipedia.org/wiki/Narsisisme

http://psychology.binus.ac.id/2014/09/18/hubungan-fenomena-selfie-dengan-narsisme-pada-remaja-dan-respon-yang-muncul-dari-lingkungan-sosialnya/

http://www.merdeka.com/teknologi/narsis-adalah-bentuk-dari-kebebasan-berekspresi.html

http://teknologi.kompasiana.com

http://beautyplus-magical-camera.id.uptodown.com/android


19 comments :

  1. Replies
    1. iya dong dede pastinyaa... lebih memotivasi dari mar*o teguh kaann :3 :P

      Delete
  2. sangat exciting ngebacanya (y)

    ReplyDelete
  3. Ayo buat aplikasinya ... hehehe semangat !!!

    ReplyDelete
  4. Oh iya... kok model dalam karya ilmiahnya raisa? kenapa gk kamu aja? :v

    ReplyDelete
  5. advertising memang masih menjadi andalan. tapi mungkin berjualan item dari aplikasi tersebut seperti efek-efek dll bisa menjadi alternatif lain selain advertising.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya bisa jadi itu, saran yg luarr biasa.. tengkyu sarannya mastah oky :) :D

      Delete
  6. wah bagus nih . cuman klo kebanyakan di edit kasihan yang maw liat foto asli gag bisa dong . tapi tetep bagus . semoga bermanfaat . :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasihan mas helmi belum di reply wkwk

      Delete
    2. iyaa mas helmi kadang malah jadi penipuan publik :D tapi apapun itu ngga masalah kalo ngga ngga merugikan orang lain. thx for visiting mas bro... hehe

      Delete
  7. maklum lah kebanyakan komen jadi bingung bales yg mana, keselip2 komennya @mas renkar :D

    ReplyDelete
  8. Boleh juga aplikasinya buat tambah eksis

    ReplyDelete