Wednesday, March 4, 2015


Pelatihan Super Unggul (PSU). Istilah yang sungguh asing bagi saya pada saat saya mendengarnya. Saya pertama kali mendengar istilah ini saat saya mendaftar di STMIK AMIKOM Yogyakarta. Karena PSU merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh Calon Mahasiswa Baru di STMIK AMIKOM Yogyakarta. Saat itu saya sempat bingung dan bertanya-tanya, apa sih PSU itu? Apa aja sih kegiatan yang ada di PSU?
Mungkin itu yang dirasakan oleh kebanyakan Maba yg belum mengetahui apa itu Pelatihan Super Unggul atau yang biasa disebut PSU. Berikut ini saya akan sedikit memberikan gambaran tentang Pelatihan Super Unggul (PSU) di STMIK AMIKOM Yogyakarta.

PSU (Pelatihan Super Unggul) merupakan kegiatan yang dilakukan ketika lahirnya generasi baru dikalangan kampus UNGU yang nantinya akan menjadi mahasiswa. PSU telah dilakukan setiap tahun yang diadakan selama 5 hari dengan beberapa sesi pertemuan, Tujuannya untuk membekali calon mahasiswa dengan pelatihan yang diharapkan mahasiswa menjadi percaya diri dan berikap mental positif. Pembentukan sikap mental sangat penting terutama dalam upaya meningkatkan keunggulan sumber daya manusia . STMIK AMIKOM memiliki cara sendiri yang berbeda dengan perguruan tinggi yang lain. Yaitu dengan mengadakan kegiatan Pelatihan Super Unggul.

Dalam kegiatan Pelatihan Super Unggul ini banyak sekali pelajaran yang bisa diambil oleh para Calon Mahasiswa, terutama motivasi dari para Fasilitator (pemateri PSU).Fasilitator yang ada di Pelatihan Super Unggul ini sangat hebat menurut saya, karena betul – betul bisa memotivasi para Calon Mahasiswa, terutama saya sendiri. Disitu para Calon Mahasiswa betul – betul diberi banyak motivasi yang dapat membangkitkan semangat untuk menjalani kehidupan yang akan datang serta untuk mencapai cita – cita yang diinginkannya. Calon Maba diajarkan untuk memiliki sikap optimis dalam menjalani kehidupan, didorong untuk membuat cerita khayal yang tujuannya untuk meningkatkan imajinasi, dipacu untuk mengenali siapa sih dirinya dengan cara Mendeskripsikan Diri agar para Calon Mahasiswa Baru STMIK AMIKOM Yogyakarta mengetahui kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. Serta mencari tau apa saja upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas diri. Selain itu mencari tau apa saja kelemahan diri pribadi yang harus dibenahi.

Selain itu Calon Mahasiswa Baru STMIK AMIKOM Yogyakarta juga diajarkan betapa pentingnya relasi dalam kehidupan. Karena orang yang sukses itu dimulai dari banyaknya relasi yang dimiliki. Relasi akan mendukung kita untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan. Disana juga diajarkan bagaimana caranya berdiskusi dengan teman sekelompok.
Goal Setting (Penentuan Tujuan) juga diajarkan disana.  Semua orang tentunya mempunyai tujuan yang ingin dicapai di dalam hidupnya. Oleh karena itu materi Goal Setting ini diberikan pada saat PSU, tujuannya agar Para Calon Mahasiswa Baru STMIK AMIKOMYogyakarta dapat mengetahui apa tujuan hidupnya dalam jangka pendek dan dalam jangka panjang. Karena orang yang ingin sukses harus mengetahui apa yang harus ia tuju.

Materi yang diberikan diantaranya adalah Membangun Suasana, TAT & PR Who Am I, Presentasi Who Am I, Keswadayaan, IRS, Diskusi Gemilang, Mendengar Aktif, Joe & Harry Window, Goal Setting. Dari materi yang diajarkan, diharapkan mahasiswa baru dapat membangun diri dan memanfaatkannya dengan baik.

Nah selain materi – materi yang ada di dalam PSU, ada hal yang menurut saya paling penting, yaitu bisa berkenalan dengan teman baru dengan suasana yang baru. Kenangan kenangan saat PSU juga tersimpan dalam memorial para Calon Mahasiswa Baru STMIK AMIKOM Yogyakarta. Seperti saya yang juga mendapatkan teman – teman baru.  Bahkan saya menemukan teman yang bisa dibilang SAHABAT pada saat PSU, dan hingga sekarang kami selalu main bersama bahkan kami sudah seperti saudara sendiri. Namanya Dina Fitrianingsih :3 kawan gokil yang udah saya anggap kaya adik saya sendiri :D

Kawah Sikidang, Dieng - Wonosobo With Dina Fitrianingsih

Pokonya PSU STMIK AMIKOM Yogyakarta emang keren banget deh :D

Memory PSU STMIK AMIKOM Yogyakarta 2014/2015

Memory PSU STMIK AMIKOM Yogyakarta 2014/2015
Ayo buat yang lagi nyari – nyari kampus IT berbasis entrepreneurship langsung aja kunjungi STMIK AMIKOM Yogyakarta. Dan thanks For Reading yaa, semoga artikelnya bermanfaat :)

Alamat STMIK AMIKOM : JL. Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman, Yogyakarta, Indonesia
Info Pendaftaran STMIK AMIKOM bisa dilihat disini




Sumber :
http://www.amikom.ac.id/index.php/main/berita/id/213
Serta pengalaman pribadi

8 comments :

  1. Wihh keren nih... ijin share ya mb :v

    ReplyDelete
  2. panggilnya mba apa kk yah, mba aja deh, saya suka nih artikelnya kebetulan saya lg pengen nulis tentang PSU juga, ijin share juga ya mba Liezz's (aga alay sih namanya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya boleh-boleh.. silahkan ^^

      Delete
    2. thank a lot mba, klo boleh tau mba lies di Amikom majornya apa ya

      Delete
  3. kak itu PSU nya di ikuti setelah pendaftaran dan diterima atau sebelum pendaftaran?

    ReplyDelete